Hardware

Hardware Komputer (Perangkat Keras Komputer)

Hardware adalah perangkat yang secara fisik ada, dapat dilihat dan dipegang. Secara fungsional dibedakan dalam 4 macam, yaitu : 

1. Perangkat Masukan.
2. Perangkat Proses.
3. Perangkat Keluaran.
4. Perangkat Penyimpanan.

       Biasanya dilengkapi dengan hardware pendukung untuk multimedia dan jaringan. Semua perangkat saling terintegrasi antar bagian untuk melakukan komunikasi. Komponen hardware pada komputer PC, seperti : Motherboard (papan induk), prosesor, memori, harddisk, disk drive, disket, CD-R/RW, Card (kartu), monitor, keyboard, mouse, tape, printer, dan lain sebagainya.


1. Perangkat Masukan/Input

Perangkat input adalah peralatan yang digunakan untuk menerima data yang akan diolah dalam komputer. Selain itu merubah intruksi kedalam bahasa yang diketahui komputer. Perangkat input ada 2 golongan, yaitu :
 a. Perangkat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa media lain.
 b. Perangkat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU tetapi direkam dulu pada sebuah media penyimpanan luar (tape, disk, kartu).

Perangkat input yang berfungsi ganda sebagai alat output untuk menampilkan hasil. Alat ini disebut sebagai terminal. Terminal ada 3 jenis yaitu :
a. Non-Intelegent Terminal, alat input/output saja tidak dapat diprogram karena tidak memiliki prosesor disebut Dumb terminal contoh teleprinter terminal.
b. Smart Terminal , memiliki prosesor dan memori sehingga dapat melakukan edit data yang telah dimasukkan, namun juga tidak dapat diprogram.
c. Intelegent Terminal (Logic Terminal) dapat diprogram oleh pemakai komputer. Biasanya berupa komputer PC lengkap.

 a. Perangkat Input Langsung.


   contoh perangkat input langsung :
1. Keyboard adalah sekumpulan tombol yang tersusun pada suatu tempat seperti mesin ketik. Umumnya memiliki antara 85 hingga 120 tombol yang terdiri dari huruf, angka dan karakter khusus serta tombol-tombol fungsi. Penekanan tombol dapat satu-satu atau beberapa tombol sekaligus untuk maksud tertentu. Alat input yang menggunakan Keyboard adalah : Teleprinter terminal,financial transaction terminal, point-of-sale (POS) terminal dan visual display terminal.

2. Mouse, alat untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Umumnya memiliki dua klik utama kiri dan kanan yang dibawahnya ada bola kecil yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk. Digunakan ditempat yang rata.
Ada 4 aktifitas utama yang bisa dilakukan oleh mouse, yaitu :
  a. Single klik, membuat pilihan tertentu pada layar.
  b. Klik ganda, untuk membuat folder (dokumen).
  c. Klik kanan, untuk menunjukkan arah pada layar komputer.
  d. Drag dan Drop, untuk memindahkan ikon atau item pada layar.

Ada 3 tipe dasar mouse :
  a. Mekanis, ada bola karet yang bergerak ke segala arah.
 b. Optomekanis, seperti mouse mekanis yang baru, ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan bola.
  c. Optik, menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse dan memiliki LED. Tidak ada bola mouse/gerakan mekanis.

3, Lightpen, alat ini menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka terhadap cahaya. Bila pena ditempelkan pada layar komputer maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan dimengerti oleh program. Digunakan pada bidang rekabentuk keluaran atau grafik perencanaan (CAD/CAM).

4. Joystick, merupakan tongkat yang digunakan untuk menggerakkan kursor. Biasanya untuk video game.

5. Touchscreen, penyentuhan layar monitor atau bantalan untuk merespon objek program (touchpad).

6.Mikrofon, alat input dengan pengeluaran suara, biasanya untuk aplikasi multimedia atau untuk keperluan audio (musik, suara atau kesan khas audio).

7. Scanner, alat yang berfungsi seperti mesin potokopi dengan cara memasukkan data melalui cahaya dan diterjemahkan dalam bentuk digital. Dapat menterjemahkan teks,barcode, gambar, dsb. Hasil scanner ditampilkan ke monitor komputer kemudian diubah agar bagus dan disimpan dalam file teks, dokumen dan gambar. perangkat scanner dapat berupa :
Magnetic Ink Character Recognation (MICR), pembaca pengenal karakter tinta magnetik biasanya untuk transaksi cek pada suatu bank yang ditulis dengan tinta magnetik yang hanya bisa dibaca perangkat MICR (tidak dapat dibaca mata manusia).
Optical Data Reader, hampir sama dengan MICR namun lebih fleksibel, Dapat berupa :
a. Optical Character Recognation (OCR) Reader.
b. OCR teks reader (toko-toko).
c. Barcode wand (supermarket).
d. Optical Mark Recognation (OMR) reader (test Scoring).

8. Trackball, perangkat penunjuk seperti mouse, namun terdapat bola yang digunakan untuk menggerakkan kursor di atasnya.

9. Kamera, data analog atau digital, output gambar, video yang dilengkapi dengan suara. Kamera sudah banyak dipasaran.

2. Perangkat Output

Perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil proses seperti layar monitor, printer, flotter, display card, dan speaker. Terdapat 2 jenis perangkat output yaitu softcopy (monitor, audio) dan Hardcopy (printer, plotter).

a. Monitor (layar tampilan)

1. Layar monitor berbentuk pipih (monitor kristal cair) atau Liquid Crystal Display (LCD). Ada 2 jenis ;
LCD biasa model penyinaran (backlit, sidelit).
LCD TFP (Thin Film Transistor) atau matriks aktif, setiap piksel dikendalikan oleh satu transistor. Untuk notebook/PC.
2.Layar monitor tabung disebut CRT (Cathode Ray Tube) seperti layar TV untuk desktop atau PC. CRT monokrome mempunyai fosfor warna tunggal (putih) sedang berwarna gabungan tiga fosfor merah, hijau (RGB) ukuran 14,15,17,19,21. CGA, EGA, VGA (Video Graphic Array), SVGA dan XGA (Extended Graphic Array).

b. Printer dan Plotter

Perangkat pencetak hasil proses komputer. Bentuk dalam kertas atau transparansi. Ada tiga jenis cetakan pada printer :
1. Printer Dot-Matrik, hasil kurang bagus namun dapat dipakai mencetak rangkap Pencetak Dormatrik ada 9 pin atau 24 pin.
2. Printer Tinta, bekerja dengan menyemburkan tinta pada catridge ke kertas. Hasil lebih bagus dari Dotmatriks namun sangat tergantung kualitas tintanya.

2. Laser, bekerja dengan menyemprotkan serbuk tinta dengan model pencahayaan. Hasil paling bagus namun harga mahal baik tinta maupun printernya. Plotter hampir sama printer biasanya utk mencetak gambar, grafik dan design teknik yang ukurannya besar.Bisa sebagai Input ( I/O) diantaranya monitor, pita magnetic, disk magnetic, pita kertas, consol dan card read punch.

3. Perangkat Pemproses (CPU)


CPU merupakan otak dari sebuah komputer. Memiliki 3 komponen yaitu CU(Control unit), ALU (Arithmetic and Logic Unit) dan Register. Tugasnya melaksanakan seluruh operasi komputer. Terletak pada papan induk (motherboard), yang juga tempat segala pusat perangkat komputer seperti memori, I/O port dsb. Fisik dari Mikroprosesor Prosesor memiliki desain koneksi pada motherboard yang berbeda-beda yang berupa soket atau slot. Jenis socket prosesor yang telah diproduksi adalah :
a. Socket 1 memiliki 169 pin beroperasi pd 5 volt (486)
b. Socket 2 dengan 238 pin (486 dan pentium Overdrive)
c. Socket 3 desain dari intel dengan 237 pin (586)
d. Socket 4 dengan 273 pin (pentium overdrive)
e. Socket 5 dengan 320 pin teg. 3.3 volt (pentium 75)
f. Socket 6 dengan 235 pin (era pentium)
g. Socket 7 dengan 321 pin (intel pentium II)
h. Socket 8 dengan 387 pin teg 3,1/3.3 volt(pentium Pro)

Socket 8 terhenti sejak intel pindah ke teknologi Slot 1.
 1. Slot 1
 Prosesor didesain dengan kotak tipis dengan pin-pin pd bagian bawah menjadi prosesor yg ditempatkan pd daughtercard dan dikemas dalam sebuah modul. Slot 1 memiliki 242 pin pada teg 2,8 – 3,3 volt. Slot 1 utk pentium II. Pentium Pro dapat dipasang pd slot 1 dengan menancapkan ke doughtercard tipe socket 8 dan disebut Pentium Pro Riser.
2. Slot 2
Penerus slot 1 yg dikembangkan untuk intel. Ukuran menjadi 2 kali lipat Slot 1 dengan jumlah memori cache yang lebih besar (prosesor dgn slot ini adalah Pentium II Xeon).

Merk mikroprosesor yg dikenal antara lain :
a. Intel(tipe pentium, Celeron, Xeon dsb).
b. AMD (Athlon, Duron dsb).
c. Motorolla (Makintosh.)
Pemasangan Socket dan Slot berbeda. Socket sesuai pin-pin yg telah ditentukan dan Slot pemasangan seperti kartu(card) misalnya LAN- card.

4. Perangkat Penyimpanan

Memory device sering disebut memori saja untuk penyimpanan data dalam komputer. Berdasarkan letak dibagi dua yaitu memori internal (di dalam) dan memori eksternal ( di luar). Berdasarkan kekekalannya dibagi menjadi temprorary memory dan permanent memory. Memori internal memori pada motherboard, data yg akan diproses dan hasil proses disimpan pada memori internal. Selain itu juga menyimpan program yg memproses data shg kapasitas memori internal harus cukup besar utk menampung semuanya. Memori internal terdiri dari RAM(Random Access Memory) dan ROM( Read Only Memory). Memori eksternal memori yg tidak berhubungan langsung dengan motherboard, diluar casing(box) CPU. Bersifat Non volatile(permanen) dan kapasitasnya sangat besar ( floppy disk, hard disk, optical disk, CD ROM, flash disk, Zip disk, tape).

Read Only Memory(ROM).
Menyimpan yg sifatnya tetap atau permanen (nonvolatile). Program hanya bisa dibaca oleh pengguna komputer. Data sudah terisi dan disediakan oleh pabrik perakitnya . Isi data pada ROM misalnya program Basic Input Output System (BIOS) yg mengendalikan perpindahan data antara mikroprosesor ke komponen lain yang meliputi keyboard, monitor, printer dsb. BIOS juga mempunyai fungsi untuk self-diagnostic memeriksa kondisi yg ada pada dirinya yg disebut Power On Self Test (POST). Contoh lain program Bootstrap (linkage) yang bertugas memindahkan sistem operasi yang tersimpan dalam disket untuk ditempatkan di RAM. Kapasitas memori diukur dengan satuan Byte, KB, MB, GB ROM ada berbagai macam : ROM, PROM, EPROM, OTP(One Time Programming) dan EEPROM (Electricity Erasable Programable ROM).


Random Acess Memory(RAM),untuk menyimpan data dan program dari user komputer sehingga dapat dibaca dan ditulis. Bersifat volatile (sementara) bila listrik mati maka semua data dan program didalamnya akan hilang. Kapasitas Ram jauh lebih besar dari ROM. Dari 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB , 256 MB, 512 MB dan 1 GB. Modul Ram dibedakan .

SIMM (Single IN-Line Memory Module),satu muka setiap modulnya berukuran : pin 30 untuk PC prosesor 286 tatu 486 beroperasi pada 16 bit, pin 72 untuk PC dengan pentium beroperasi pada 32 bit.

DIMM (Dual In-Line Memory Module),ada 2 muka utk setiap modulnya. DIMM berukuran 168 pin setiap permukaan 84 pin beroperasi pada 64 bit Jenis RAM yang berkembang adalah :
DRAM ( Dynamic RAM ) akses data secara dinamis selalu me refres data setiap beberapa milidetik.
EDORAM ( Extended Data Output RAM ) utk pentium 66 MHz.
SDRAM (Synchronuous Dynamic RAM ) tersinkronisasi dengan clock speed mikroprosesor agar lebih optimal.
DDRSDRAM ( Double Data Rate SDRAM) utk prosesor AMD dengan clock speed sampai 200 MHz.
RDRAM ( Rambus Dynamic RAM) transfer 3,2 GB per detik 800 MHz. RDRAM adalah teknologi yang dibuat oleh Rambus Corporation khusus dipakai pada PC pentium 4. RDRAM memungkinkan utk penggunaan aplikasi yg perlu memory yg tinggi seperti 3D, permainan interaktif dan multimedia. Disamping itu mampu mengatasi Error Corection Code (ECC), motherboard terbaru, sedangkan Accelerated Graphic Port ( AGP) nya mampu berjalan pada kecepatan 4 kali satu setengahnya.
DRDRAM ( Direct Rambus DRAM) menggunakan bus 16 bit sedangkan DRAM menggunakan bus 8 bit. Menggunakan pipelining untuk memindahkan data dari RAM ke Cache memory jadi jalur lebih dekat ke prosesor atau ke tampilan. Slot yang digunakan untuk koneksi ke motherboard disebut Rambus Inline Memory Modules ( RIMMs)
Hard Disk
Hard disk adalah sebuah media penyimpanan yg memiliki kapasitas yg sangat besar. Letak hard disk di dalam casing atau di luar casing CPU. Kapasitas penyimpanan datanya 10 Gb, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 80 GB, 100 GB dan serusnya. Kecepatan aksesnya 4500 rpm, 7200 rpm sampai 15000 rpm. Interface Hard disk ada 2 macam :
a. IDE , IDE Cotroller telah terintegrasi dalam motherboard (On-Board) . Bekerja dengan kecepatan 3600 rpm.
b. SCSI, perlu card tambahan karena tdk banyak motherboard yang memiliki SCSI Controler On-Board. Harga lebih tinggi tapi kecepatan lebih besar. Mampu multitasking.

Cara mengukur kinerja disk ada beberapa cara diantaranya :
a. Data rate sebuah hard disk yaitu banyaknya byte per detik (Bps) yang dapat dikirim dari drive ke CPU. ( 5 MB s/d 40 MB ) per detik.
b. Melihat seek time yaitu waktu pencarian data oleh hard disk ( 10 s/d 20 milidetik).
c. Kapasitas drive dimana byte-byte data disimpan.

Disket disebut Floppy disk karena bentuknya yg lentur dan mempunyai kapasitas 1,2 MB dan 1,44 MB. Dengan ukuran fisik 3,5 Inci dan 5,25 Inci. Disk drive tempat untuk meletakkan disket.
CD Drive : Yang digunakan adalah CD-R (CD-ROM), CD-R/W (CD –Re-Write). Dan yg sekarang berkembang adalah DVD-R dan DVD-R/W. Drive tempat meletakkan Cd-r maupun CD-R/W. Secara fisik bentuk keduanya sama dan kapasitasnya antara 500 MB s/d 800 MB. Tapi fungsi berbeda CD-R volatile sedangkan CD-R/W nonvolatile. Kecepatan dari 150 KBps S/D 4,8 MBps. CD-R. Kecepatan sesuai yg tertulus masing-maing misalnya CD-RW24X-32X. .
Flash Memory : Disebut memori stik atau USB drive (Universal Serial Bus) yg merupakan teknologi yg baru dan merupakan media penyimpanan yg paling praktis, selain bentuknya kecil daya tampung besar dan pemasangannya mudah yaitu menggunakan port USB. Kapasitas yg umum 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB. Dipakai sbg backup data.
Tape Drive (pita magnetik ) Media penyimpanan yg dpt dihapus . Teknik penyimpanan seperti rekaman lagu bentuk juga sama namun lebih tebal. Umumnya utk backup data, program atau sistem. Contoh tape drive TDX-75 mempunyai kecepatan operasi 120 KB/detik atau 75 ips ( inchis per second).
Media Cakram digital Bisa menyimpan hingga 1 Terabyte atau 1024 GigaByte (dikenal oleh peneliti Inggris, Swiss dan Yunani ).
Multiple Optical Data Storage ( MODS ) Teknologi penyimpanan yg menggunakan teknologi optik. MODS Disc terdapat celah asymetris dan terdapat 332 sudut kemiringan celah yg unik. Dalam waktu dekat belum dipakai.
Saat ini dikembangkan DVD baru dengan kapasitas yg lebih besar yg diberi nama BlueRay dikeluarkan tahun 2005.

Multi Media

Perangkat yg dipakai untuk akses data dalam bentuk gambar, suara(audio), video, permainan, pengolah foto digital dsb. Contoh : MP3, MIDI, WAV, teleconference, chatting, video drive, radio internet dsb.
Syarat komputer mulotimedia adalah memiliki tambahan perangkat seperti kartu suara (sound card), kartu grafik (graphic card), speaker, mikrofon dan software aplikasi yg mendukung untuk melakukan akses multimedia tersebut.
a. Sound Card perangkat klartu untuk mengeluarkan suara pada speaker. Kartu suara jenis klasik biasanya mendukung dua kanal suara. Sound Card dapat di upgrade untuk mendukung enam kanal suara.
b. Graphic Card perangkat yg menentukan tampilan gambar yg muncul di monitor komputer. User yang umumnya menguddate kartu grafik adalah para desain grafis, desain multimedia atau para penggemar 3D.