Kecerdasan Buatan



Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan permasalahan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi
 
    Winston & Prendergent (Turban,Mc Lean. Wheterbe,1999)
    Mengungkapkan Bahwa tujuan AL meliputi :
    - Membuat mesin lebih pintar
    - Memahami kecerdasaan
    - Membuat mesin lebih berguna
    Perbandingan Kecerdasaan Buatan dan Kecerdasan Manusia
    Menurut Kaplan, sebagaimana diutarakan oleh Turban, McLean, dan Wetherbe (1999, hal 478)
    Kelebihan AI terhadap kecerdasaan alami (manusia) sebagai berikut :
    - AI lebih bersifat permanen.
    - AI menawarkan kemudahan untuk mengandakan atau disebarkan.
    - AI dapat lebih murah daripada kecerdasaan alami.
    - AI bersifat konsisten dan teliti.
    - AI dapat didokumentasi.
    Bidang-bidang Aplikasi AI
    Al dipergunakan Untuk ::
    - Membantu aplikasi komputer yang sangat mudah bagi pemakai.
    - Meningkatkan pemecahan masalah secara cepat dan konsisten.
    - Membantu menyelesaikan masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan cara konvensional.
    - Membantu menyelesaikan masalah yang mengandung data yang tidak lengkap atau kurang jelas.
    - Menagani informasi yang berlebihan (dengan cara melakukan pengikhtisaran atau
      menginterpretasian informasi)
    - Meningkatkan Produktivitas dan melakukan banyak tugas.
    - Membantu melaksanakan pencarian dan atau suatu pola berdasarkan jumlah data yang sangat
      besar.
    Pengolahan Bahasa Alami
    Adalah bidang AI yang berurusan dengan pemahaman bahasa manusia (inggris,jepang,indonesia,
    dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komputer mampu menerjemaahkan dari bahasa satu
    ke bahasa lainnya.
    Visi Komputer
    Adalah suatu bidang AI yang berurusan dengan pengenalan terhadap suatu objek dan kemudian
    digunakan untuk pengambilan keputusan.
    Pengenalan Percakapan
    Adalah suatu proses yang memungkinkan komputer dapat mengenali suara.
    Teknologi ini membuat khayalan yang membuka pintu gua dengan suara dapat diwujudkan.
        Robotika
        Robot adalah peranti elektromekanik yang dapat diprogram untuk melakukan otomasi terhadap
        suatu tugas yang biasanya dilakukan manusia.
    Sistem Pakar
    Sistem pakar adalah sistem yang meniru kepakaran (keahlian) seseorang seseorang dalam tertentu
    dalam menyelesaikan suatu permasalahan (Horn, 1986).
    Logika Kabur
    Logika kabur (fuzzy logic) adalah suatu teknik yang digunakan untuk menangani ketidakpastian
    pada masalah masaah yang memiliki banyak jawaban.
    Jaringan Saraf
    Jaringan saraf (neurall network), terkadang disebut artificial neural network/AAN atau komputasi
    saraf (neural computing), adalah suatu bidang AI yang meniru pola pemprosesan dalam otak
    manusia yang berbasiskan pada pengenalan pola.
    Algoritma Genetika
    Algoritma genetika atau komputeasi adaptif/adaptive computing diperkenalkan pertama kali oleh
    John H. Holland pada tahun 1975.
    Beliau adalah seorang profesor psikolgi dan ilmu komputer di universitas michigan.
    Algoritma genetika adalah suatu pendekatan yang meniru kemampuan makhluk hidup dalam
    beradaptasi dengan lingkungan sehingga terbentuk proses evolusi untuk mengatasi masalah
    dengan lebih baik.
    - Mutasi
      mencoba kombinasi proses secara acak dan mengevaluasi hasilnya.
    - Crossover
      mengombinasikan bagian dari hasil yang baik dan harapannya.
    - Seleksi
      pemilihan proses yang baik
    Sistem Alhibrida
    Sistem alhibrida atau terkadang dinamakan sistem cerdas hibrida (hybrid intelligent system) adalah
    system yang menggabungkan beberapa AI untuk memanfaatkan atau memadukan keunggulan
    masing-masing teknologi.
    Agen Cerdas
    Agen cerdas (intelligent agen) adalah perangkat lunak yang bertindak seperti orang yang mampu
    berinteraksi dengan lingkungan.
    Contoh Penerapan Agen Cerdas :::
    - Agen SistemOperasi
    - Agen SpreadSheet
    - Agen Perdagangan Elektronis
    Topik Lain-Lain
    - Cyborg
      adalah campuran antara mesin dan makhluk hidup dengan kata lain manusia yang dipasangi
      peralatan elektronik misal alat pemacu jantung.
    - Artificial Life
      adalah bidang studi yang mempelajari dan memahami kehidupan biologis dengan cara
      melakukan perpanduan dengan bentuk kehidupan buatan.
    - Pembelajaran Mesin
      adalah sistem yang secara otomatis dapat meningkatkan kinerjanya melalui pengalaman.