Pengenalan Teknologi Informasi



Ditinjau dari akar katanya maka Teknologi Informasi terdiri dari 2 kata yaitu Teknologi dan Informasi.


Teknologi adalah cara atau metode serta proses atau produk yang dihasilkan dari pemanfaatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan, kelangsungan dan peningkatan mutu kehidupan manusia ( pasal 1 ayat 2 UU nomor 18 tahun 2002 tentang sistem Nasional Penelitian dan Pengembangan dan Penerapan Ilmu Penget ahuan dan Teknologi). Menurut DIKTI Teknologi merupakan ilmu terapan yang telah dikembangkan lebih lanjut meliputi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) dan pengembangan lebih lanjut ilmu terapan tersebut di lakukan melalui kegiatan penelitian dan pengembangan.


Informasi merupakan hasil dari data yang telah mengalami proses tertentu (pengolahan data) atau dengan kata lain dapat kita sebutkan bahwa kita dapat mengambil atau mengekstrak informasi dari data yang ada. Menurut para ahli mengemukakan:


Gordon B Davis “Information is data that has been processed into a form that is meaningful to the recipient and is of real or perceived value in current or perspective decisions”.


Burch dan Stater “Information is the aggregation of processing of data to give knowledge or intelligence”.


George R. Tery, PhD “Information is meaningful data that conveys usable knowledge”.


Setelah kita mengetahui definisi/pengertian dari Teknologi dan Informasi maka dapat kita generalisasi bahwa :
Teknologi Informasi adalah teknologi (pemanfaatan) yang berhubungan dengan masalah informasi ditinjau dari segala aspek mulai dari pengumpulan data, penyimpanan data, pengolahan data menjadi informasi sampai dengan proses penyampaian informasi kepada orang yang membutuhkan.